Manajemen Karir

Makalah Jenjang Karir Sales Promotion Girl Toyota Otomotif

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan karunia dan nikmat bagi penulis, sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Karir Jenjang Karir Sales Promotion Girl Toyota Otomotif, karena terbatasnya ilmu yang dimiliki oleh penulis maka makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.

Tidak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga bantuan dan bimbingan yang telah diberikan kepada kami mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin

Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.

 

SURABAYA,     April 2012

 

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pemasaran suatu produk memerlukan beberapa aktivitas yang melibatkan berbagai sumber daya. Sebagai fenomena yang berkembang saat ini, dalam pemasaran terdapat suatu bagian yang memiliki keterkaitan langsung dengan konsumen, yaitu pada bagian sales product. Bagian ini terdiri dari beberapa divisi, terutama yang berkaitan dengan sistem pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan.
Sebagai tenaga sales product, saat ini terdapat bagian pemasaran langsung yang menawarkan produk maupun sample product. Bagian ini biasanya dikenal sebagai sales promotion girl.

Pengertian sales promotion girls dapat dilihat dari berbagai aspek. Secara penggunaan bahasa,

Menurut Poerwodarminto (1987:198), sales promotion girl merupakan suatu profesi yang bergerak dalam pemasaran atau promosi suatu produk. Profesi ini selalu menggunakan wanita yang mempunyai karakter fisik yang menarik sebagai usaha untuk menarik perhatian konsumen.

Menurut Carter (1999:37), kebutuhan perusahaan terhadap tenaga sales promotion girls disesuaikan dengan karakteristik suatu produk yang akan dipasarkan. Promosi produk untuk kebutuhan sehari-hari biasanya menggunakan tenaga sales promotion girls dengan kriteria yang dimungkinkan lebih rendah dibandingkan dengan sales promotion girls untuk produk otomotif. Dengan demikian, pemilihan penggunaan tenaga sales promotion girl dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan produk yang akan dipromosikan. Kesesuaian antara produk yang dipromosikan dengan kualifikasi sales promotion girls memungkinkan akan meningkatkan daya tarik konsumen pada produk yang dipromosikan. Keberadaan karakter fisik seorang sales promotion girl tersebut, secara fungsional dapat mengangkat citra produk, terutama produk konsumsi langsung.

Pengertian sales promotion girl ditinjau dari sistem pemasaran, Nitisemito (2001:53) berpendapat bahwa sebagai salah satu pendukung pemasaran suatu produk maka diperlukan tenaga promosi suatu produk sehingga mampu menarik konsumen. Selanjutnya,dengan kemampuan berpromosi yang dimiliki seorang sales promotion girl akan mampu memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk.

Retnasih (2001:23) menyatakan: “Sales promotion girl adalah seorang perempuan yang direkrut oleh perusahaan untuk mempromosikan produk.” Pendapat ini melihat keberadaan sales promotion girls dari fungsinya yaitu sebagai pihak presenter dari suatu produk. Lebih lanjut pendapat ini mengilustrasikan bahwa tugas utama dari sales promotion girls adalah promosi produk, pada umumnya status sales promotion girls adalah karyawan kontrakan. Mereka dikontrak dalam kurun waktu tertentu untuk mempromosikan produk.

Sebagian wanita menganggap bahwa profesi sebagai sales promotion girl memiliki jenjang karir yang bagus untuk masa depan mereka padahal definisi karir sendiri yakni  suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaian seseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karir yang telah ditetapkan. Dalam hal ini pekerjaan sales promotion girl dinilai tidak menunjukan adanya perkembangan status individu dan peningkatan status kepegawaian dalam suatu perusahaan.

 

1.2   Pokok Permasalahan

Perempuan dianggap memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia bisnis. Untuk itulah keberadaan Sales Promotion Girl atau yang biasa disebut SPG memiliki peranan penting. Dalam perusahaan, kecantikan para wanita ini dijadikan ujung tombak untuk mempromosikan produk yang dipasarkan. Dengan berpenampilan menarik, para SPG juga dituntut untuk menguasai materi produk. Tetapi sebagian orang menganggap bahwa pekerjaan SPG di nilai sebelah mata atau tidak penting, seperti halnya tidak memiliki jenjang karir yang baik.

 

1.3  Identifikasi masalah

  1. Bagaimana pandangan SPG tentang jenjang karir mereka
  2. Mengapa mereka memilih bekerja sebagai seorang SPG

 

1.4  Tujuan Penulisan

Tujuan dalam penelitian dan penulisan makalah ini adalah:

  1. Untuk menambah pengetahuan bagi penulis tentang program studi manajemen karir.
  2. Bagi pembaca, makalah ini akan bermanfaat sebagai sumber data mereka dalam mengetahui program studi manajemen karir dan mnegetahui jenjang karir seorang SPG

BAB II

PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan membahas mengenai pengertian manajemen karir dan sales promotion girl

2.1  Definisi manajemen karir

Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi tahapan kegiatan perencanaan karir, pengembangan dan konseling karir, serta pengambilan keputusan karir. Manajemen karir melibatkan semua pihak termasuk pegawai yang bersangkutan dengan unit tempat si pegawai bekerja, dan organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu manajemen karir mencakup area kegiatan yang sangat luas.

2.2  Definisi Sales Promotion Girl

Menurut Carter (1999:37), kebutuhan perusahaan terhadap tenaga sales promotion girls disesuaikan dengan karakteristik suatu produk yang akan dipasarkan. Promosi produk untuk kebutuhan sehari-hari biasanya menggunakan tenaga sales promotion girls dengan kriteria yang dimungkinkan lebih rendah dibandingkan dengan sales promotion girls untuk produk semisal produk lux seperti halnya otomotif. Dengan demikian, pemilihan penggunaan tenaga sales promotion girl dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan produk yang akan dipromosikan. Kesesuaian antara produk yang dipromosikan dengan kualifikasi sales promotion girls memungkinkan akan meningkatkan daya tarik konsumen pada produk yang dipromosikan. Keberadaan karakter fisik seorang sales promotion girl tersebut, secara fungsional dapat mengangkat citra produk, terutama produk konsumsi langsung.

Kuesioner

1. Siapa yang menginspirasi anda bekerja sebagai seorang SPG?

a. Keinginan sendiri

b. Teman

c. Saudara

d. Lain-lain

2. Sudah berapa lamakah anda menjadi seorang SPG?

a. < 1 tahun

b. > 3 tahu

c. Di atas 5 tahun

d. Lain- lain …

3. Apa yang membuat anda tertarik bekerja sebagai SPG?

a. Gaji dan komisi yang tinggi

b. Waktu yang fleksibel

c. Menambah relasi

d. Lain-lain ….

4. Berapa besar gaji & komisi yang anda terima setiap bulannya?

a. Di bawahUMR

b. UMR

c. Di atas UMR

d. Lain-lain …

5. Apa yang sudah anda dapat selama bekerja menjadi SPG?

a. Hanya mencukupi biaya hidup bulanan

b. Bisa mencukupi biaya hidup secara pribadi dan keluarga

c. Kebutuhan sekunder dan tersier tercukupi

d. Lain-lain …

6. Bagaimana status kepegawaian anda saat ini di perusahaan?

a. Pegawai kontrak

b. Pegawai tetap

c. Pegawai event

d. Lain-lain ..

7. Bagaimana cara mempromosikan produk anda jual?

a. Menawarkan produk anda melalui media elktronik (telpon,sms,BBM)

b. Langsung bertemu dengan calon pelanggan

c. Mengikuti pameran yang di selenggarakan oleh perusahaan

d. Lain-lain…

8. Apa yang anda harapkan dari profesi pekerjaan anda saat ini?

a. Uang

b. Jabatan

c. Prestige

9. Banyak orang yang mengganggap pekerjaan SPG sebelah mata, bagaimana menurut anda?

a. Tidak peduli pandangan orang lain

b. Setuju dengan pendapat orang lain

c. Biasa – biasa saja

d. Lain- lain …

10. Berikan sedikit uraian suka duka anda selama menjadi SPG?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>